KJMIS, memiliki 4 kegiatan utama:

  1. Pengelolaan keanggotaan
  2. Transaksi keuangan
  3. Retail/e-Warong dan atau Belanja Online

1. Pengelolaan keanggotaan, merupakan kegiatan utama, termasuk meng-update data, mencatat transaksi untuk bonus dan bagi hasil.

2. Transaksi keuangan, meliputi, 1) Rekening simpanan sukarela, 2) Simpanan wajib, 3) Simpanan pokok, dan 4) Bayar-bayar. Rekening Simpanan sukarela menjadi Hub menampung semua dana setiap anggota berupa Virtual Account (VA). Dana dari VA ini yang akan digunakan untuk bertransaksi, melunasi simpanan wajib dan pokok, termasuk untuk membayar belanja KPM dan cicilan hutang (jika ada). Pengisian VA anggota KJMIS dapat dilakukan via transfer antar bank, atau Tunai melalui agen sahabat KJMIS.

3. Usaha retail/warung, dikerjasamakan dengan “Manager Suplier”. Manager Suplier wajib membantu membina dan mengembankan usaha warung tersebut, termasuk mengatur supplier dan melakukan pencatatan POS. Manager Suplier Bersama KJMIS akan menentukan patokan harga jual sembako stabil sepanjang tahun. Tanpa memberatkan pembeli, supplier wajib memberikan keuntungan tertentu kepada warung. Pengaturan detail akan dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara KJMIS dengan Manager Suplier; serta KJMIS dengan Warung. Keuntungan Kerjasama Warung dengan KJMIS, Warung akan mendapatkan semua fasilitas dari stackholders.